Rima Fakih, Muslimah Pertama Pemenang Miss USA

22/05/2010 11:09

LAS VEGAS, (PRLM).- Kontes kecantikan di Amerika Serikat menebarkan aroma baru. Pemenang Miss USA tahun ini adalah gadis "berwarna", bukan hanya namanya yang unik, kulitnya yang agak gelap, namun ia juga seorang Muslim, yang notabene agama minoritas di negeri Paman Sam.

Adalah Rima Fakih, gadis berdarah Lebanon Muslim, yang berhasil memenangkan Miss USA 2010, mengungguli 50 kontestan lain untuk merebut gelar juara pada Minggu
malam, atau Senin (17/5) waktu Indonesia.

Rima Fakih diyakini menjadi wanita muslim Amerika pertama yang memenangi kontes ratu kecantikan Amerika ini. Dia tak canggung mengenakan busana renang dua potong, dan adu penampilan lainnya dengan peserta lainnya. Fakih berhasil memenangi kontes kecantikan yang digelar di Planet Hollywood Resort & Casino di Las Vegas. Setelah mondar-mandir penuh percaya diri dengan bikini warna oranye dan emas, dia mengenakan gaun putih mirip dengan gaun pengantin di puncak acara.

Rima Fakih lahir dalam keluarga Syi'ah di sebuah desa di Lebanon selatan, yang dibom selama perang Israel-Hizbullah tahun 2006. Dia pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1993. Fakih melanjutkan ke sekolah Katolik di New York. Keluarganya pindah ke Michigan pada tahun 2003.

Kemenangan wanita berusia 24 tahun ini tentu saja sangat mengejutkan. Pasalnya, sejak peristiwa penyerangan teroris 11 September 2001 lalu, warga Muslim distereotipkan sebagai teroris.

Kemenangan wanita yang bergelar sarjana ekonomi ini tentu saja sangat spesial, karena ini untuk pertama kalinya wanita keturunan Arab yang beragama Islam memenangkan kontes Miss USA. Demikian seperti dikutip dari TVNZ, Senin (17/5). Sebelum mengantongi predikat sebagai Miss USA 2010, Rima Fakih lebih
dulu memenangkan kontes Miss Michigan.

Rima sangat bahagia dengan kemenangannya tersebut. Dia tak menduga dirinya bisa berhasil kontes ajang kecantikan tersebut. Adiknya, Rana Faqih, yang pindah ke Libanon beberapa bulan lalu untuk pekerjaan baru. Rana dikabarkan bertukar pesan dengan ayahnya, Hussein, dan adiknya yang lain, Ruba, yang hadir dalam kompetisi itu. "Ini adalah kejutan yang indah," katanya, dari kampung Srifa di Libanon selatan.

Panitia kontes kecantikan mengatakan, kontes kali ini mencatat sejarah meski tidak cukup rinci untuk menunjukkan apakah Fakih putri pertama keturunan Arab-Amerika yang terpilih, beragama Islam, atau imigran yang berhasil memenangkan gelar Miss USA. Kontes kecantikan ini dimulai tahun 1952 sebagai sebuah kompetisi pakaian renang lokal di Long Beach, California.

Rima Fakih menggantikan Kristen Dalton sebagai Miss USA 2009 dan memenangkan tempat untuk mewakili Amerika Serikat di musim panas ini di ajang Miss Universe 2010. (das)***

Back

Search site

Ray Management Production © 2010 All rights reserved.